Masjid Raya Sulaimaniah

Masjid Raya Sulaimaniah ini adalah masjid yang sudah berumur tua serta masjit terbesar yang ada di Istanbul Turki. Setiap masjid yang indah serta megah pasti peran dari pembuat kubah masjid murah juga dibutuhkan guna membantu menyelesaikan suatu masjid yang akan dibangun. Masjid Raya Sulaimaniah ini adalah peninggalan dari Dinasti Turki Ottoman. Masjid Raya Sulaimaniah ini berada di atas bukit yang ada di belakang universitas Istanbul.

Sejarah Masjid Raya Sulaimaniah

Masjid Raya Sulaimaniah ini mulai dibangun pada tahun 1550 serta selesai pada tahun1558 atas perintah dari Sultan Sulaiman atau biasanya disebut dengan King Suleiman. Pembangunan dari masjid raya sulaimaniah ini dilakukan guna untuk menandingi bangunan hagia sophia. Dibalik berdirinya masjid megah ini tersimpan sebuah kisah yang unik, yakni waktu itu King Suleiman mendapat sebuah hadiah dari raja romawi yakni sebuah batu marmer berwarna merah yang diberikan untuk King Suleiman agar diletakkan di atas mimbar. Selanjutnya King Suleiman curiga dengan perintah dari raja romawi ini lantas King Suleiman memanggil seorang ahli geologi batu untuk menyelidikinya. Seusai diselediki di dalam batu ini terdapat simbol salib. Karena mengetahui apa isi di dalam batu ini King Suleiman marah dan memerintahkan agar meletakkan batu ini di dekat pintu gerbang, dan jika anda mengunjungi masjid ini anda akan melihat batu ini di depan masjid.

Arsitektur Masjid Raya Sulaimaniah

Daya tarik yang ada pada Masjid Raya Sulaimaniah ini sangat terlihat dari perpaduan kebudayaan islam dan byzantium. Keindahan serta kemegahan dari Masjid Raya Sulaimaniah ini di desain oleh arsitek yang terkenal yakni Mimar Sinan, Mimar Sinan ini juga seorang arsitek yang juga merancang bangunan megah lainnya seperti bangunan Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed, masjid sultan selim yang ada di Edirne dan juga bangunan Taj Mahal di India. Untuk penggunaan kubah  di Masjid Raya Sulaimaniah ini memakai kubah besar pada atapnya. Serta pada bagian samping kanan dan kiri  masjid ini ada 4 menara yang menambah kesan megah. Bagian dalam Masjid Raya Sulaimaniah ini sangat luas dengan lantai masjid yang terbuat dari ubin iznik yang sangat tersusun rapi. Tidak hanya itu untuk mihrab masjid ini terbuat dari marmer putih serta mimbarnya berasal dari kayu, gading dan tambahan mutiara. Dengan kubah yang besar sehingga memberikan kesan tinggi serta besar jika kita ada di dalamnya. Di bagian belakang Masjid Raya Sulaimaniah ini ada makam yang mana makam tersebut adalah makam king suleiman beserta istrinya. Untuk berkunjung ke Masjid Raya Sulaimaniah ini tidak ada pungutan biaya karena masjid ini memiliki fungsi untuk masjid pada umumnya yakni untuk beribadah umat muslim. Dengan kemegahan serta nilai sejarah dari masjid ini juga digunakan jadi wisata religi yang populer di Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *