Masjid Raya Sulaimaniah Turki

Masjid Raya Sulaimaniah ini yaitu masjid yang telah berusia tua dan juga masjid paling besar yang berada di Istanbul Turki. Tiap-tiap masjid yang indah dan megah tentu peranan dari pembuat kubah masjid juga diperlukan guna menolong merampungkan satu masjid yang juga akan dibuat. Masjid Raya Sulaimaniah ini yaitu peninggalan dari Dinasti Turki Ottoman. Masjid Raya Sulaimaniah ini ada diatas bukit yang berada di belakang universitas di Istanbul.

Sejarah Masjid Raya Sulaimaniah

Masjid Raya Sulaimaniah ini mulai dibuat pada th. 1550 dan usai pada tahun1558 atas perintah dari Sultan Sulaiman atau umumnya dimaksud dengan King Suleiman. Pembangunan dari masjid raya sulaimaniah ini dikerjakan guna untuk menandingi bangunan hagia sophia. Di balik berdirinya masjid megah ini tersimpan satu cerita yang unik, yaitu saat itu, King Suleiman memperoleh satu hadiah dari raja romawi yaitu satu batu marmer berwarna merah yang diberikan untuk King Suleiman supaya ditempatkan diatas mimbar. Setelah itu King Suleiman curiga dengan perintah dari raja romawi ini lalu King Suleiman memanggil seseorang pakar geologi batu untuk menyelidikinya. Selesai diselediki didalam batu ini ada lambang salib. Karna ketahui apa isi didalam batu ini King Suleiman geram serta memerintahkan supaya menempatkan batu ini di dekat pintu gerbang, apabila anda berkunjung ke masjid ini anda juga akan lihat batu ini didepan masjid.

Arsitektur Masjid Raya Sulaimaniah

Daya tarik yang ada pada Masjid Raya Sulaimaniah ini begitu tampak dari kombinasi kebudayaan islam serta byzantium. Keindahan dan kemegahan dari Masjid Raya Sulaimaniah ini didesain oleh arsitek yang populer yaitu Mimar Sinan, Mimar Sinan ini seseorang arsitek yang membuat bangunan megah yang lain seperti bangunan Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed, masjid sultan selim yang berada di Edirne dan bangunan Taj Mahal di India. Untuk pemakaian kubah di Masjid Raya Sulaimaniah ini menggunakan kubah besar pada atapnya. Dan di bagian samping kanan serta kiri masjid ini ada 4 menara yang menaikkan kesan megah. Sisi dalam Masjid Raya Sulaimaniah ini begitu luas dengan lantai masjid yang terbuat dari ubin iznik yang begitu tersusun rapi. Bukan sekedar itu untuk mihrab masjid ini terbuat dari marmer putih dan mimbarnya berasal dari kayu, gading serta penambahan mutiara. Dengan kubah yang besar hingga memberi kesan tinggi dan besar bila kita berada di dalamnya. Dibagian belakang Masjid Raya Sulaimaniah ini ada makam yang mana makam itu yaitu makam king suleiman bersama istrinya. Untuk bertandang ke Masjid Raya Sulaimaniah ini tak ada pungutan biaya karna masjid ini mempunyai peranan untuk masjid pada umumnya yaitu untuk melaksanakan ibadah kaum muslim. Dengan kemegahan dan nilai sejarah dari masjid ini difungsikan jadi wisata religi yang popular di Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *