Masjid  Badshahi di Pakistan

Sebuah masjid yam memiliki arsitektur bangunan yang indah dan juga menawan pastinya membutuhkan bantuan dari kontraktor kubah masjid bahan enamel. Masjid yang indah membuat para jamaah serta wisatawan akan terpesona dan ingin beribadah di dalam masjid tersebut. Dengan masjid yang indah sudah pastinya membuat orang yang beribadah di dalamnya merasakan kekhusyu’an dan juga kenyamanan.

Masjid Indah Pakistan

Salah satu masjid di Pakistan  yang memiliki keindahan pada bangunan masjidnya ialah masjid badshahi. Masjid ini sangat memukau banyak wisatawan dari berbagai dunia karena arsitektur masjid ini sangat menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Masjid  Badshahi ini merupakan masjid ke lima terbesar di dunia. Kata Badshahi ini dalam bahasa Persia memiliki arti masjid sang raja. Masjid  Badshahi disebut sebagai masji raja karena masjid tersebut dibangun atas perintah Sultan Mughal Akbar. Pembangunan Masjid  Badshahi dimulai sekitaran tahun 1671 dan selesai sekitaran tahun 1673. Masjid ini dapat menampung beberapa ribu jamaah, yaitu untuk ruang do’a utama bisa menampung kurang lebih 55 ribu dan untuk halamannya dapat menampung jamaah hingga 95 ribu. Letak Masjid  Badshahi ini juga cukup strategis yaitu berada di Taman Iqbal, Lahore ,Pakistan. Karena masjid Taman Iqbal ini merupakan taman terbesar di Pakistan Maka banyak pengunjung yang datang ke taman tersebut dan banyak juga pengunjung yang dengan sengajanya datang ke Masjid  Badshahi.

Arsitektur Masjid  Badshahi

Masjid  Badshahi ini didominasi oleh warna merah bata serta ada ornamen cantik disetiap bagian temboknya. Arsitektur dari masjid ini hampir sama dengan masjid yang berada di New Delhi yaitu masjid Jama. Pondasi serta struktur Masjid  Badshahi terbuat dari tanah lempung dan juga batu bata, sedangkan pada bagian kubahnya di lapisi oleh pualam putih. Masjid ini memiliki ukuran bangunan masjid yang  besar yang mempunyai empat menara yang tingginya sekitar 53.75 meter serta untuk halaman tengah masjid ini juga luas. Landasan pada masjid ini dibuat lebih tinggi dari lahan di sekitarannya yang berfungsi untuk menghindari banjir dari sungai ravi yang sedang pasang. Proses dari pembangunan Masjid  Badshahi diawasi oleh Muzaffar Hussain yang merupakan saudara angkat raja Aurangzeb’s. Bersamaan dengan pembangunan masjid ini dibangun juga gerbang baru yang bernama gerbang alamgir di Lahore Fort yang mengarah ke Hazuri Bagh yang digunakan untuk menuju ke pintu masuk masjid. Selain itu di bagian pintu masuk Masjid  Badshahi ada sebuah prasasti yang ditulis dengan bahasa Persia. Tangga yang mengarah ke ruang sholat masjid ini pada bagian lantainya memakai pualam warna warni. Sedangkan untuk eksterior Masjid  Badshahi didekorasi oleh batu ukir serta lapisan pualam dan juga batu pasir. Bagian dinding Masjid  Badshahi membentang sampai ke tepi sungai ravi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *